People Innovation Excellence

Cara Cerdas Mengatur Jam Belajar dan Bermain Anak

Etre-parent-10Sebagai orang tua, tentunya tidak ingin jika anak-anak terlalu banyak bermain dan sedikit belajar ataupun sebaliknya. Jika anak terlalu banyak belajar maka mereka akan mengalami burn out atau kelelahan ekstrim namun jika anak terlalu sering bermain dan bermalas-malasan, maka prestasinya akan merosot. Anak-anak seharusnya memiliki waktu bermain dan belajar yang seimbang demi perkembangan kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik mereka. Oleh karena itu, sesibuk apapun, penting untuk orang tua mengetahui cara cerdas mengatur jam berlajar dan bermain anak.

o-KIDS-VIDEO-GAMES-facebookAda beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua dalam mengatur waktu belajar dan bermain untuk anak dengan cerdas. Hal pertama yaitu membuat to-do list atau jadwal sehari-hari untuk anak dalam mengerjakan PR dan menyiapkan pelajaran serta waktu mereka untuk bermain. Selanjutnya, jangan membiarkan anak belajar sekaligus semua pelajaran karena hal ini akan anak menjadi terbebani pikirannya. Dalam hal bermain, sebagai orang tua sesekali sempatkan waktu untuk ikut bermain bersama anak-anak anda, dengan begitu orang tua dapat mengendalikan permainannya dan mengatur waktu bermain kapan harus menghentikan permainan. Hal yang paling penting yaitu jauhkan gadget atau alat elektronik seperti telepon genggam dan TV pada saat waktu belajar anak-anak agar tidak mengganggu konsentrasi mereka.

Sebagai orang tua, tentunya anda lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk anak-anak anda. Untuk itu, hal-hal tersebut dapat dilakukan orang tua dalam mengatur waktu bermain dan belajar anak supaya seimbang sesuai kebutuhan anak-anak demi perkembangan kecerdasan mereka.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close