Kenali Tanda-tanda Pubertas pada Anak Perempuan dan Laki-laki, Orang Tua Persiapkan Hal Ini!

Kenali Tanda-tanda Pubertas pada Anak Perempuan dan Laki-laki, Ortu Persiapkan Hal Ini!

Pubertas adalah salah satu fase perkembangan alami yang dialami oleh setiap anak saat mereka memasuki masa remaja.

Ini adalah periode ketika tubuh mereka mengalami perubahan fisik dan hormon yang signifikan dan menandai transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa.

Orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak-anak mereka mengatasi perubahan ini dengan percaya diri dan sehat.

Biasanya, pubertas pada anak perempuan terjadi di rentang usia 8 hingga 13 tahun.

Sedangkan, anak laki-laki di usia 12-16 tahun.

Tanda-tanda Pubertas pada Anak Perempuan

Perubahan Payudara: Pembesaran dan peningkatan sensitivitas payudara adalah salah satu tanda-tanda awal pubertas pada anak perempuan. Payudara menjadi tempat memproduksi ASI.

Menstruasi: Menstruasi atau haid merupakan perdarahan yang terjadi normal dari siklus bulanan wanita. Orang tua perlu mempersiapkan anak perempuan dengan pengetahuan tentang menstruasi dan persiapan yang diperlukan.

Tumbuhnya Rambut di Kemaluan dan Ketiak: Perubahan pada rambut kemaluan dan ketek biasanya terjadi selama pubertas.

Pertumbuhan Tubuh: Anak-anak juga akan mengalami pertumbuhan tinggi badan dan berat badan yang lebih cepat bisa terjadi. Meskipun begitu, setiap orang memiliki perbedaan.

Perubahan Suara: Ada kemungkinan terjadi perubahan suara saat pubertas anak perempuan, misalnya penurunan nada suara.

Perubahan Emosi: Perubahan hormon saat pubertas dapat mempengaruhi emosi anak perempuan. Mereka mungkin mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim.

Tanda-tanda Pubertas pada Anak Laki-laki

Mimpi Basah: Tanda pubertas pada anak laki-laki yang paling utama adalah mimpi basah. Di momen ini, anak laki-laki akan mengeluarkan sperma saat tidur.

Perubahan Suara: Salah satu tanda paling khas pada pubertas anak laki-laki adalah perubahan suara menuju suara yang lebih dalam.

Tumbuhnya Rambut pada Kemaluan dan Tubuh: Anak laki-laki akan mengalami pertumbuhan rambut pada wajah, dada, dan ketiak.

Ereksi dan Pertumbuhan Alat Kelamin: Ada peningkatan ukuran alat kelamin laki-laki selama pubertas. Mereka juga akan mengalami ereksi di mana alat kelamin menjadi kencang dan kaku.

Pertumbuhan Tinggi Badan: Anak laki-laki bisa mengalami pertumbuhan tinggi badan yang signifikan selama masa ini.

Perubahan Emosi: Seperti anak perempuan, anak laki-laki juga dapat mengalami perubahan emosi dan suasana hati yang fluktuatif.

Hal yang Harus Dipersiapkan Orang Tua

  1. Komunikasi Terbuka: Orang tua perlu menjaga komunikasi yangi terbuka dengan anak-anak mereka. Membicarakan tentang perubahan tubuh dan perasaan mereka adalah kunci.
  2. Pendidikan Seksual: Berikan pendidikan seksual yang sehat dan akurat kepada anak-anak. Jelaskan tentang menstruasi, reproduksi, dan kontrasepsi.
  3. Hormati Privasi: Hormati privasi anak. Mereka mungkin ingin lebih banyak ruang pribadi selama masa pubertas mereka.
  4. Ajarkan Keterampilan Kesehatan: Ajarkan anak tentang cara membersihkan area pribadi, perawatan tubuh, dan pola makan yang sehat.
  5. Beri Dukungan Emosional: Pubertas bisa menjadi masa yang sulit secara emosional. Orang tua perlu memberikan dukungan, pemahaman, dan ketenangan kepada anak-anak.
  6. Konsultasi dengan Profesional: Jika orang tua atau anak memiliki kekhawatiran khusus, konsultasikan dengan profesional kesehatan atau psikolog untuk panduan lebih lanjut.

Pubertas adalah fase alami dalam perkembangan anak-anak, tetapi bisa menjadi waktu yang menantang baik bagi anak maupun orang tua.

Dengan komunikasi terbuka, pendidikan yang tepat, dan dukungan emosional, orang tua dapat membantu anak-anak mereka melewati masa ini dengan percaya diri dan sehat secara fisik serta mental.

Dukungan ini juga bisa didapatkan orang tua maupun anak di BINUS SCHOOL Bekasi sebagai lembaga pendidikan internasional di Indonesia.

Sekolah yang berada di bawah naungan BINA NUSANTARA dan bagian dari BINUS SCHOOL Bekasi ini bahkan memiliki acara khusus untuk mengenalkan masa pubertas pada anak-anak dengan ‘Puberty Education Workshop’.

Acara ini diberikan untuk jenjang 4 dan 5 SD di mana masa pubertas terjadi.

Para siswa akan diberikan pemahaman mengenai perubahan fisik dan psikologi dalam pubertas, mengenal organ seksual dan juga diberikan konsultasi diskusi, termasuk tentang area privat.

Semua ilmu informasi tersebut penting dimiliki anak-anak Anda.

Maka dari itu, segera daftarkan anak Anda ke BINUS SCHOOL Bekasi dengan mengunjungi link profil untuk konsultasi pilihan pendidikan atau hubungi 081197006969 melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.

Your Comment

Contact Us Application